Pages

Minggu, 19 Juni 2011

Cara Memblokir Situs tanpa Software


Ada beberapa cara sebenarnya untuk memblokir suatu situs web di internet. Yang paling banyak orang gunakan untuk memblokir situs web ialah dengan menggunakan software filter internet. Namun hanya sedikit yang tahu, bahwa Windows sendiri sebenarnya sudah menyediakan cara untuk memfilter situs yang kita inginkan tanpa harus menggunakan software filter internet.

Ok..tanpa banyak kata – kata saya ingin menguraikan cara blokir situs pada Windows XP tanpa bantuan software apapun, langkah-langkahnya adalah :

1. Pertama buka Windows Exploler ( Windows + E )

2. Buka Local Disk C:\Windows\System32\driver\etc.

3. Lalu temukan File bernama “Host” di dalamnya. Buka File Host tersebut menggunakan Notepad ( Klik kanan File tersebut, lalu pilih Open With “Notepad”.

4. Setelah terbuka, lihat bagian bawah dari script tersebut, maka akan terlihat tulisan :127.0.0.1 Local Host.

5. Maka dibawah tulisan tersebut tambahkan alamat host 127.0.0.2, kemudian buat nama situs yang akan diblok. Mis: 127.0.0.2 www.youtube.com.

6. Dan terakhir save yang telah dibuat tadi.


NB: Untuk memblok situs lebih dari satu pun bisa kita rubah, langkahnya sama dengan yang diatas, dan alamat hostnya buat : 127.0.0.3  ,  127.0.0.4 dan seterusnya (jangan lupa disertai dengan alamat situsnya disamping alamat host tersebut. Dan untuk kembali membuka situs tersebut, tinggal hapus alamat host beserta alamat situs yang kita buat tadi.

Dengan cara diatas maka, setiap kita buka situs yang telah kita tandai tadi akan muncul peringatan sebagai berikut di halaman web tersebut : www.youtube.com is now unaccessable.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites